INFLASI KOMISI

Kejaksaan Agung

vs

logo-kpk

KPK

Who is Hero?

Di Indonesia kini, sedang tren dibentuknya komisi. Hampir semua persoalan bangsa dibentuk komisi khusus. Komisi tersebut diantaranya komisi pemberantasan korupsi, komisi penyiaran indonesia, komisi nasional hak asasi manusia, komisi perlindungan anak indonesia, komisi pemantau persaingan usaha, dan komisi pemilihan umum.

Seyogyanya, komisi-komisi tersebut tidak perlu ada apabila lembaga-lembaga negara yang sudah ada menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. KPK misalnya, komisi ini dibentuk sebagai trigger (penstimulus) pemberantasan kasus-kasus korupsi di negeri ini. Pertanyaannya kemudian, mengapa harus ada penstimulus? Sederhananya, lembaga penegak hukum di negeri ini, yaitu polisi dan kejaksaan agung tidak menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Baru-baru ini, kita mendengar kasus yang merusak citra penegak hukum, tertangkap basahnya jaksa muda dalam kasus korupsi penanganan kasus BLBI, jaksa Urip. Kalau boleh meminjam contoh konflik dalam film Holywood Batman, Batman adalah sosok pemberantas kejahatan. Apakah batman adalah polisi atau jaksa? Batman adalah outsider sistem hukum yang ada. Dinantikan dan dicintai. Tapi akankah selamanya semua kejahatan menjadi tanggung jawab batman yang notabene bukan “penegak” hukum legal. KPK adalah lembaga “pemaksa” dalam memperbaiki sistem penegakan hukum terhadap korupsi. Anehnya sekarang, lembaga super hero tersebut lebih terkenal dibandingkan lembaga yang seharusnya berperan.

Munculnya komisi-komisi tersebut merupakan hal yang positif dari sudut pandang kebutuhan saat ini. Tetapi menimbulkan sebuah keprihatinan terhadap kondisi bangsa. Komisi tersebut membutuhkan biaya yang relatif besar dan perhatian yang besar pula. Dan dapat dipastikan muncul inefisiensi anggaran karena negara harus membayar dua kali kepada lembaga seharusnya dan lembaga superhero.

Kita harus berbenah. Sadarlah wahai para abdi bangsa. Sampai kapan bangsa ini akan terus terhina dan dininabobokan dengan kenyamanan di atas kesengsaraan orang lain. Kepolisian Gotham City tempat batman tinggal saja merasa ada yang salah mengapa batman bisa menjadi sosok yang dicintai dibandingkan lembaga kota mereka. Ayo, bubarkan KPK dan komisi-komisi lainnya dengan satu syarat. Jalankan amanah abdi negara sebagaimana semestinya. Negara kita inflasinya sudah tinggi jangan ditambah lagi dengan inflasi komisi. Bisa bangkrut negara kita nanti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s