MENENTUKAN LANGKAH KEHIDUPAN

25 Januari 2009

Di akhir masa kuliah, entah mengapa aku masih merasa ragu dalam melangkah. Sudah 1 tahun berlalu, ketika aku memutuskan untuk tidak mengambil kuliah tugas akhir (TA) di semester VIII. Dengan segala kerendahan hati, barang kali aku adalah satu-satunya mahasiswa angkatan 2004 di program studi ku yang tidak mengambil TA di semester VIII bukan karena ada masalah. Ketika memutuskan tidak mengambil TA, aku begitu tenang dan yakin tanpa keraguan. Bahkan ketika berjalan di lorong program studi, melihat aktivitas teman-teman seangkatan keluar masuk ruang dosen, menemani kawan sidang, aku masih begitu yakin dengan keputusan yang aku ambil. Aku berniat menempa diriku 1 tahun lagi.

1 tahun berlalu

Tapi entah mengapa aku mengalami sebuah kebimbangan yang amat sangat. Aku bingung melangkah. Mana jalan yang harus ku tempuh? Jujur saja, aku bukanlah orang yang kuat dalam menapaki hierarki birokrasi di pemerintahan. Aku pun bukan orang yang tega dalam menjalankan lika-liku dunia perbisnisan. Aku ingin berkarya, aku ingin kaya, dan aku ingin surga.

Saat ini, aku berada di dalam sebuah bidang keilmuan yang berkaitan erat dengan manusia. Sebuah bidang ilmu yang amat luas cakupannya. Aku teringat sebuah jargon dosen ku, ”We Know everything but master nothing”. Ya, itu lah program studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Program studi yang aku cita-citakan sejak SMA. Aku ingin masuk ITB, belajar ilmu IPA yang ada IPSnya. Dan ternyata Allah menjodohkanku dengan PWK. Jadi dapat kukatakan, Allah telah memilihku untuk masuk PWK ITB. Ini jalan ku.

Sebentar lagi adalah fasa menentukan dalam hidup. Aku akan memilih langkah dalam hidup. Fasa penting hidupku pernah aku lewati. Ketika menjelang lulus SMP, entah aku dapat ilham dari mana, aku “merengek” ke orang tua untuk memasukanku ke pesantren. Padahal waktu itu aku bisa masuk ke SMA favorit di kota Bogor. Akhirnya aku berguru di sebuah desa di Sukabumi. Kemudian menjelang lulus SMA, aku jatuh cinta kepada kampus Ganesha. Aku pun ber azzam untuk masuk ke Ganesha. Waktuku akan tiba, untuk kembali memutuskan. Langkah apa yang akan kutempuh.
Saat aku menumpahkan isi hatiku ini aku sedang mencoba meraba, membayangkan, dan mulai berdialog dengan diriku akan sebuah cita-cita. Aku akan berkarya, dengan ilmu yang Allah titipkan kepadaku dan akan terus memperdalamnya sebagai insan manusia. Aku ingin belajar dan terus belajar hingga tiba waktuku untuk bertemu dengan Nya. Aku ingin berkarya, melihat dunia, dan memberi asa kepada orang-orang. Aku berdoa agar keyakinan tertanam dan akan terus mendalam sampai aku pun sulit untuk mencabutnya. Jika aku miskin, percayalah Allah tidak akan meninggalkan hamba-Nya, jika aku tergelincir percayalah Allah pun tidak akan melupakan ku.

Kepada Ayah dan Bunda, Aku mohon doa kalian. Darah ini senantiasa menjadi saksi pengorbanan ayah dan bunda.

Kepada adik dan kakakku, aku bahagia memiliki kalian. I love you brother and sister…

Berbagi kepada kalian yang dalam kebimbangan.

Sesungguhnya, hidup adalah tentang menaklukan masalah.

From

Dr. Bobby Rahman

2 thoughts on “MENENTUKAN LANGKAH KEHIDUPAN

  1. Halo,

    Salam kenal. Kami suka dengan tema tulisan kamu tentang pengalaman merasa pernah salah jurusan di ITB.

    Begini, LPM ITB sedang membuat situs antarmuka untuk menjembatani mahasiswa- alumni ITB, dengan siswa SMU dari seluruh Indonesia, yang berminat ke ITB, untuk bisa bertukar informasi. Tujuannya, adalah untuk mengurangi kasus “salah pilih jurusan” sebelum memutuskan masuk ke ITB, juga membuat siswa SMU mengenal lebih dekat kehidupan mahasiswa ITB, dengan harapan, mereka bisa mengoptimalkan waktu belajarnya di kampus.

    Kalau Kamu bersedia, silakan berkunjung, berdiskusi, berbagi, dan jangan lupa untuk menjawab keingintahuan siswa- siswa SMU dari seluruh Indonesia, tentang ITB.

    Oh iya, tulisan ini juga bisa lho, kalau mau diposting

    Regards,

    Layanan Produksi Multimedia ITB
    http://www.masukitb.com
    http://multimedia.itb.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s