KAWAH PUTIH

Setelah 5 tahun bermukim di Bandung, baru tahun kelima ini akhirnya dapat mengunjungi lokasi wisata kawah putih.

“Band of Brothers”

Albayan Kawah Putih(Ki-Ka: Miftah-Fuadi-Rizal-Away-Bobby-Alfi)

Semua berawal dari spontanitas. Ketika beberapa kawan lama (alumni albayan) dari Jakarta dan Tangerang berkunjung ke Bandung. Waktu itu hari Sabtu tanggal 26 Desember 2009, ba’da Maghrib, dua orang sahabatku tiba di asrama, Ahmad Fuadi dan Rizal Musthafa. Setelah Isya bertambah satu lagi baru tiba dari Tangerang, Muhammad Alfi Ulumillah.

Aku, Ahmad Fuadi dan Rizal Musthafa dulu berbeda angkatan ketika SMA. Ahmad Fuadi setingkat lebih tua dariku. Beliau sekarang sudah menjadi seorang dokter. Rizal Musthafa berbeda dua tingkat di atasku. Beliau adalah generasi pertama di SMA. Sedangkan Alfi merupakan teman seangkatanku, moslem.

Kunjungan mereka sebagai tindakan tanpa perencanaan. Berawal dari ide, “maen ke Bandung yuk”, akhirnya menjadi sebuah gerakan. Fuadi, Rizal, dan Alfi sepakat maen ke Bandung. Waktu yang mereka pilih akhir pekan tanggal 25, 26, dan 27 Desember. Dimana waktu itu adalah long weekend karena tanggal 25 (natal) jatuh pada hari Jumat.

Sabtu, 26 Desember 2009

Menurut sejarah, tanggal 26 Desember merupakan peringatan bencana tsunami Aceh. Tepat tanggal 26 Desember 2009 berarti sudah 5 tahun kejadian bencana alam yang menelan ratusan ribu orang korban jiwa di Aceh tersebut.

Bukan perayaan atau renungan maksud kami bertemu dan mengadakan kegiatan pada tanggal 26 Desember. Kebetulan saja long weekend jatuh pada tanggal 26 Desember.

Kumpul

Sabtu Ba’da Isya, berkumpulah lima orang ex-albayan di Asrama Bumi Ganesha. Selayaknya alumni yang sedang bereuni, obrolan ngalor ngidul ke mana-mana. Cerita tentang nostalgia dulu hingga ke rencana masa akan datang.

Usia-usia kami adalah usia menjelang kematangan kedewasaan. Kami semua berada di titik akhir masa-masa kuliah dan awal dari perjalanan pasca kampus. Jadi obrolan yang muncul seputar pekerjaan, lowongan, dan wanita. Ya wanita…hahaha…(sebenarnya obrolan wanita tidak hanya masa-masa ini. Dari dulu hingga masa yang akan datang sepertinya akan menjadi obrolan tak akan basi)….hahaha…

Obrolan kami lanjutkan sambil dinner. Saya sebagai tuan rumah mengajak makan malam ke daerah dago. Kedai Mie dago kami pilih karena tempatnya dekat dan lumayan enak buat ngobrol2.

Kali ini obrolan yang muncul tentang pengalaman ikut pengajian Ustadz Arifin Ilham. Kita sharing-sharing tentang orang-orang shaleh (harapannya supaya kita pun dapat menjadi shaleh, hehehe). Minimal nilai-nilai kealbayanan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari (albayanisme: istilah untuk menyebut menjalankan amal-amal yang pernah dilakukan di albayan sekolah kami dulu).

Sambil makan dan perjalanan menuju ke asrama kami membicarakan tentang rencana besok akan ke mana. Akhirnya, kita putuskan untuk merencanakan akhir pekan ini untuk ke Kawah Putih. Kita pun mencoba mengontak rekan-rekan alumni yang kemungkinan bisa ikut untuk bersama-sama berwisata ke sana. Tapi banyak yang tidak sempat dan lupa diajak. Barangkali karena rencana ini mepet dan sangat spontan…Maaf kawan-kawan Albayan yang lupa diajak…hehehe…

Salah satu yang sempat dikontak dan diajak waktu itu adalah Away (gen 3). Away rencananya akan kami jemput di kosannya di daerah pasteur. Sayangnya beliau tak ikut ngobrol2 malam sebelum keberangkatan…..Saat itu sebenarnya ada beberapa rekan alumni yang bisa diajak. Tetapi saat itu sedang tidak berada di Bandung. Kang Fauzi dan I-Poy sedang berada di Kediri dan Sukabumi sehingga tidak bisa ikut bergabung kong-kow2…

(I’m Not Smoker)

Bersambung…

3 thoughts on “KAWAH PUTIH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s